Drum

Drum adalah kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang. Selain kulit, drum juga digunakan dari bahan lain, misalnya plastik. Drum terdapat di seluruh dunia dan memiliki banyak jenis, misalnya kendang, timpani, Bodhrán, Ashiko, snare drum, bass drum, tom-tom, beduk, dan lain-lain.

dalam musik modern drum lebih tersusun, tidak seperti dulu yang terpisah atau mungkin sekarang masih bisa dilihat di Drumband, dimana satu orang memengang sendiri satu buah bagian dari drum tersebut. Drum-Set terdiri dari berbagai macam alat perkusi yang juga pastinya mengeluarkan berbagai macam suara yang berbeda, pada umumnya Drum-Set terdiri dari Snare, Tom-Tom, Floor (Floor termasuk bagian dari Tom hanya biasanya ukurannya lebih besar dan ditaruh di bawah/sejajar dengan Snare) dan Bass Drum.

Snare :  merupakan bagian drum yang dilengkapi dengan beberapa baris tali senar (terbuat dari kabel baja, atau plastik) yang direntangkan secara melintang pada membran yang terdapat pada sisi sebelah bawah

Bass Drum : Bass Drum merupakan instrumen drum dalam keluarga instrumen musik perkusi dengan diameter berukuran besar untuk menghasilkan suara dalam intonasi nada rendah (bass). Terdapat tiga klasifikasi umum atas drum bass:  Drum Bass Konser, “Kick” Drum dan Pitched Bass Drum. Jenis yang umum dilihat atau didengar dalam penampilan orkestra atau concert band adalah drum bass konser. ‘Kick’ drum merupakan drum bass pada drumkit yang dilengkapi pedal. Picthed bass drum atau disebut pula marching bass drum umumnya digunakan dalam grup marching band, biasanya terdiri dalam beberapa ukuran dengan intonasi nada tertentu yang dapat diatur. Dalam permainan marching band, beberapa pitched drum bass (3 sampai dengan 5 buah drum bass) dalam ukuran berbeda digunakan bersama-sama.


Drum Bass Konser

“Kick” Drum

Pitched Bass Drum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: