Heavy Metal

metal diambil dari bahasa Yunani “metallon” (μέταλλον) yang artinya “logam”, dalam dunia kimia metal adalah sebuah unsur kimia yang siap membentuk ion (kation) dan memiliki ikatan logam…

seperti hal-nya musik yang lain jika dirut ke akar, maka kita akan bertemu dengan sebuah genre musik yang bernama BLUES dimana banyak musisi yang sangat melegenda muncul dari genre itu, sebut saja B.B King, Stevie Ray, dan Jimi Hendrix. Musik Jimmi Hendrix lebih banyak disebut sebagai Psychadelic (diambil dari salah satu nama narkotika, dimana saat itu narkotika sangat identik dengan kehidupan musisi). dalam perjalanannya, musik Blues sedikit mengalami transformasi, jadi beberapa genre lagi, dan salah satu genre itu adalah Rock and Roll, beerapa orang mengangap musik ini dipopulerkan oleh Elvis Presley dan kemudian di buat mendunia oleh The Beatles. musik Rock pun semakin berkembang setelah itu hingga kemudian muncul apa yang kita kenal sekarang sebagai musik Metal.

istilah “HEAVY METAL” diperkenalkan oleh Steppenwolf, salah satu band aliran Classic Rock

band asal Toronto, Amerika Serikat ini digawangi oleh John Kay (vokal), Michael Monarch (gitar), Rushton Moreve (bassis), Goldy McJohn (keyboard) dan Jerry Edmonton (drum) yang memperkenalkan istilah “heavy metal” (logam berat) dalam salah satu lagu hits mereka “Born To Be Wild” yaitu:

I like smoke and lightning heavy metal thunder racin’ with the wind and the feelin’ that I’m under…

namun istilah itu belum dipakai sampai era 1970-an, ketika grup band  Black Sabbath merilis album debut mereka yang diakui sebagai “m’bah”nya heavy metal… sebelum era itu, ketika The Beatles dan  Rolling Stone masih booming, para pelopor musik metal menyebutkan aliran mereka sebagai Rock, Hard Rock, dan Blues Rock..

dari Rock, berkembang aliran Heavy Metal sejak era 1970-an sampai sekarang..

seperti dijelaskan di atas, bahwa penggagas istilah “heavy metal” (logam berat) adalah grup band Steppenwolf… namun awal tahun 1970 lah, istilah heavy metal digunakan dan heavy metal berkembang…

ciri khas heavy metal adalah suara vokal melengking, tempo lebih cepat dari rock, meskipun hampir tak ada bedanya dengan hard rock, namun nuansa lagunya sangat mengeluarkan emosi dan komposisinya lebih dinamis…

dari heavy metal ini, berkembang aliran pecahan heavy metal, yaitu NWOBHM (New Wave Of British Heavy Metal) atau disebut juga Brittish’s Heavy Metal, juga berkembang aliran Glam MEtal atau Hair Metal..

band pelopor heavy metal adalah Black Sabbath.. band asal Birmingham, Inggris ini muncul tahun 1968 dengan mengusung aliran hard rock… namun di album “Black Sabbath” tahun 1970, mereka mengusung jenis baru dengan istilah “heavy metal“..

Heavy Metal ini juga merupakan akar dari berbagai macam aliran metal yang kita kenal saat ini seperti Extreme Metal, Underground Metal, Trash Metal, Death Metal, dll….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: