Epos Mahabarata, Sejarah yang terkubur atau Hanya Legenda?

pertanyaan tentang judul thread ini muncul ketika mucul sebuah rasa ingin tahu lebih jauh tentang dunia pewayangan. wayang yang merupakan budaya asli hindu di india yang berakulturasi dengan budaya jawa kuno di jaman pra islam di nusantara masih tetap eksis sampai saat ini, bahkan sudah ditetapkan sebagai salah satu harta kebudayaan dunia oleh UNESCO.

nah salah satu epos pewayangan yang terkenal adalah epos mahabaratha, yang mengisahkan perseteruan dua saudara sepupu, antara putra pandawa dengan putra korawa dalam perang barathayudha. dikisahkan karena dilematis pewaris tahta kerajaan hastinapura antara pandawa dan korawa, maka hastinapura dibagi menjadi 2 wilayah. yang pertama tetap hastinapura yang dipimpin keluarga korawa, dan sebagian disebut amarta atau dikenaljuga dengan nama indraprasta yang dipimpin keluarga pandawa.

nah menurut catatan dari wikipedia di india saat ini, Di masa kini, Hastinapura merupakan kota kecil di wilayah Doab di Uttar Pradesh, dan disebut Hatsinapur, 37 km dari Meerut 120 km dari Delhi. Populasi sekitar 20.000 jiwa. Perjalanan ke sana dapat ditempuh dengan bus dari Meerut yang siap sedia dari jam 7 pagi sampai 9 malam. Jalanan bagus dan bersih dengan pemandangan hijau dan hamparan persawahan di kiri-kanan. Di sana terdapat objek wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti Kuil Jain dan Taman Nasional Hastinapur.

dan catatan mengenai indraprasta, Konon Indraprastha berumur 50.000 tahun. Legenda mengatakan bahwa Indraprastha terletak di wilayah Purani Choot sekarang ini. Sebuah desa bernama Indraprat ada di Delhi sampai permulaan abad ke-20, kemudian digusur dan kota New Delhi dibangun di atasnya. Penggalian di wilayah perbukitan Indraprastha, ibukota para Pandawa, seperti yang ditunjukkan Purana Qila menemukan bukti bahwa daerah itu pernah didiami selama hampir 2.500 tahun.

Semenjak catatan sejarah India banyak yang tak jelas, tidak diketahui apa yang terjadi setelah zaman Mahabharata. Indraprastha sempat menjadi kota besar selama berabad-abad, dari zaman Kerajaan Maurya sampai Kerajaan Gupta di India, namun kurang terkenal karena berdirinya kota-kota seperti Pataliputra, di sebelah tenggara daerah aliran sungai, yang menjadi sumber dua kerajaan terkuat di India. Indraprastha diserbu oleh bangsa Hun setelah jatuhnya Kerajaan Gupta. Raja Hindu bernama Dhilon konon membangun kota Delhi Kuno, dekat dengan Indraprastha.

Satu Tanggapan to “Epos Mahabarata, Sejarah yang terkubur atau Hanya Legenda?”

  1. makasih atas informasi sejarah ini sangat membantu dan menambah khasana keilmuan bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: