Musisi Senior, Semangat dan Pendapatan

lagi iseng ngutak-ngatik disalah satu forum di kaskus, tiba ada seseorang yang sharing sebuah album langka dari salah satu Jazz Legend Indonesia “Bubi Chen”… excited pada awalnya, tapi ternyata dia memberikan sebuah review yang sangat miris menurut saya tapi memang itu adanya dan saya harap semua yang membaca blog dan postingan ini bisa menyadarinya dan lebih bisa menghargai para musisi senior, okay iniadalah review yang diberkan oleh salah seorang member Kaskus.us

“Terharu, salut, dan bangga. Itu reaksi gw waktu ketemu om Bubi Chen di JJF 2008. Gimana engga, dalam kondisi yang makin melemah, dengan kursi roda, dan ga tau bener engganya, tapi gosipnya sih beliau bayar tiket pesawat sendiri untuk tampil di JJF 2008, om Bubi masih punya semangat untuk tampil luar biasa dalam event internasional ini. Dan miris, ketika melihat seorang empu, virtuoso, tokoh legenda dan maestro sekelas om Bubi, cuma dihargai di stage yang sound sistemnya macet2, kecil, sementara beberapa nama yang ga ada hubungannya ama jazz dan (dalam tanda kutip) ga ada apa2nya bisa dapat stage gede2an hanya karena faktor popularitas. Tapi itu semua ga matahin semangat om Bubi. Luar biasa… dua kali gw hampir nangis, pertama pada foto diatas, waktu ketemu om Bubi di luar stage.. gw ga tahan ngeliat orang yang sangat berjasa, pahlawan di dunia jazz indonesia ini sekarang ada dalam kondisi lemah. Kedua, ketika ngeliat betapa semangatnya om Bubi bisa ngalahin kondisi fisiknya, bahkan ketika beliau harus berjuang dengan sound sistem ngadat2 (terutama buat gitarnya om Oele Pattiselano yang tampil bareng malam itu).”

gue miris waktu baca tulisan ini, gimana ngga? apa yang ditulis itu memanglah sebuah kenyataan, terutama di bagian seorang legenda yang hanya mendapat stage kecil dgn sound system yang pas-pasan, dibanding seseorang yang tidak berhubungan dengan Jazz tapi mendapat porsi stage dan sound yang lebih besar dan baik.

seperti kata gue diatas, semoga semua yang membaca ini bisa sadar dan lebih menghargai musisi yang sudah berjasa dalm industri musik Indonesia.




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: